header-int

Pandemi Corona belum berakhir, IKIP PGRI Kalimantan Timur Gelar UAS online

Rabu, 17 Jun 2020, 22:21:07 WIB - 70 View
Share
Pandemi Corona belum berakhir, IKIP PGRI Kalimantan Timur Gelar UAS online

Pandemi Corona belum berakhir, IKIP PGRI Kalimantan Timur Gelar Ujian Akhir Semester Genap tahun ajaran 2019/2020 secara Online.

Samarinda, di tengah pandemi Corona yang belum berakhir IKIP PGRI Kalimantan Timur Gelar Ujian Akhir Semester (UAS) tahun ajaran 2019/2020 secara online (15/06/2020).

Sesuai edaran Lembaga layanan Pendidikan Tinggi  wilayah XI Kalimantan dengan nomor surat 582/LL.11/KP/2020 bahwa Work From Home (WFH) dan Study From Home SFH)  di perpanjang hingga tanggal 27 Juni 2020. Dan edaran dari pemerintah Kalimantan Timur tentang pemberlakuan “New Normal” maka Pimpinan dan panitia Ujian semester Genap tahun ajaran 2020 IKIP PGRI Kalimantan Timur memutuskan untuk melaksanakan UAS Genap secara Online.

Persiapan UAS online telah di persiapkan akhir bulan April 2020. Mulai dari sosialisasi ke mahasiswa, soal dan akses ujian. Pengalaman Kuliah online yang selama ini dilaksanakan  sangat membantu mahasiswa dan panitia dalam pelaksanaan UAS online. Akses ke portal Akademik IKIP PGRI Kalimantan Timur 100 % di gunakan. Mulai dari absensi, tugas dan ujian online.

Sebagai indikator penilaian akhir semester, UAS tetap harus dilaksanakan secara online selama 5 hari kedepan  Dimualai tanggal 15 hingga 20 Juni 2020. Ketika dikonfirmasi ketua Panitia UAS IKIP PGRI Kalimantan Timur, Abdul Mutahlib M.Pd menyampaikan bahwa “ Selain penilaian Portofolio selama satu semester, pihak kampus juga mengambil penilaian akhir semester, berupa Ujian Akhir Semester.  

Peserta yang mengikuti UAS online sebanyak 875 mahasiswa dari 2 program studi, mulai semester 2, 4 dan 6.  Mahasiswa dari prodi Pendidikan Ekonomi sebanyak 326 mahasiswa sedangkan dari Prodi Pendidikan kepelatihan olahraga sebanyak  549 mahasiswa.

Secara tehnis tidak ada masalah dengan ujian Akhir semester secara Online karena beberapa bulan terakhir selama pandemi Corona ini perkuliahan dilaksanakan secara online/daring.  Para dosen memanfaatkan media komunikasi terbaru yang terjangkau oleh seluruh mahasiswa.

Abdul Muthalib menambahkan, soal Ujian dapat diakses oleh mahasiswa pada waktu yang telah ditentukan. Ada koordinator untuk setiap Angkatan dari masing masing prodi. Para mahasiswa mengerjakan soal Ujian Akhir Semester dari rumah masing masing.dengan handphone dan laptop masing-masing. Kendala utama ujian semester online ini adalah Akses internet di daerah yang belum sepenuhnya stabil. Untuk di ketahui mahasiswa IKIP PGRI Kalimantan Timur banyak yang berasal dari daerah pedalaman Kalimantan Timur. Menghadapi hal tersebut panitia memberikan kelonggaran waktu beberapa jam untuk pengiriman jawaban ujian mahasiswa kepada panitia.

Adapun Soal yang diberikan dosen kepada mahasiswa adalah jenis soal dengan tipe C4 (analisis) "dimana sangat kecil mahasiswa untuk bisa bekerjasama atau saling mencontek” tambah Abdul muthalib.

Berdasarkan pemantauan warta Cendikia, pelaksanaan UAS online di hari pertama berjalan sangat lancar, tidak ada kendala. semua mahasiswa tepat waktu mengirimkan lembar jawaban kepada panitia ujian.

 

IKIP PGRI KALTIM IKIP PGRI KALIMANTAN TIMUR PENCETAK GURU PROFESSIONAL, BERKARAKTER DAN BERBUDAYA
© 2020 IKIP PGRI KALTIM (Jl. Suwandi, Blok.C RT.23, Samarinda, Telepon 0541-738620) Follow IKIP PGRI KALTIM : Facebook Twitter Linked Youtube